Tuesday, August 5, 2008

Digital Island or Intelligent Island, mau yang mana??

Dear blogger,

Pagi ini kita sama-sama baca berita mengenai cita-cita PemKot Batam untuk mewujudkan Batam Digital Island yang akan dilaunching bertepatan dengan ICT Expo 2008 di Mega Mall tanggal 7 Agustus mendatang.

Sebenarnya apa sih yang ingin dicari dari pencanangan-pencanangan seperti itu? Belum lagi cita-cita Batam Intelligent Island terwujud, trus ada lagi Batam Digital Island. Maunya apa sih, yang satu belum tuntas sudah sibuk mau buat gebrakan baru.

Saya sih ga ambil pusing, mau digital kek, intelligent kek, hi-tech kek, atau apalah, yang penting adalah apa manfaat dari pencanangan itu, tidak saja bagi masyarakat tapi juga manfaat bagi pemodal dan dunia usaha.

Menyiapkan Batam sebagai pulau digital ataupun pulau intelligent tidak cukup dengan bermodal laptop, blog, dan komunikator doank, tapi lebih dari itu, infrastruktur dasar sebuah kawasan yang berbasis IT harus dipersiapkan.

Kita mesti berterima kasih kepada Telkom dan Indosat yang telah membangun jaringan broadband dan fiber optic di sekeliling pulau Batam dalam mendukung cita-cita sebagai pulau intelligent itu. Telkom Speedy juga sudah ekspansi mulai cafe, hotel, RS, kantor, dan ruang publik untuk memberikan akses internet cepat kepada masyarakat.

Nah, dimana peran pemerintah daerah. Otorita Batam sudah menyiapkan semua. Bermodal dana hutangan dari Korea senilai US$26 juta, OB tengah membangun infrastruktur e-gov untuk Batam. Ini pun tak jelas, untuk siapa proyek e-gov itu, apakah pemkot juga dilibatkan atau OB doank.
Pemkot Batam juga katanya menyiapkan e-gov, tapi e-gov nya seperti apa juga tidak jelas. Apakah dengan membuat website sendiri, lantas e-gov sudah jalan? Sementara hubungan antar instansi masih lelet dan mengandalkan praktek kolutif. Hmm..lagi-lagi pikiran picik yang ada.

Jadi kesimpulannya, pemkot jangan ikut-ikutan sibuk soal digital atau intelligent deh, masih banyak tugas pemkot yang belum selesai, terlalu tinggi bila pemkot ikut ngurusin soal digitalisasi pulau ini.

Atau jangan-jangan, pencanangan Batam Digital Island oleh pemkot ini hanya ajang gagah-gagahan karena Otorita Batam sudah lebih dulu mencanangkan Batam Intelligent Island pada tahun 2000?? Hmmm...

No comments:

Post a Comment