Wednesday, December 26, 2007

Belajarlah ke Johor (2)

Saat ini pemerintah Malaysia dan Johor Bahru tengah mengembangkan sebuah kawasan baru bernama Iskandar Development Region (IDR). Konon, Malaysia mengalokasikan dana investasi sebesar lebih dari Rp50 triliun untuk membangun kawasan IDR tersebut. Sebuah nilai yang fantastis dari pemerintah Jiran.

Untuk apa saja dana sebesar itu? ya macam-macam, yang pasti buat membangun infrastruktur berkelas dunia. Karena nantinya, perusahaan jasa keuangan dunia akan berkantor di kawasan itu.

Seorang temen yang bekerja di JB menuturkan saat ini sedang dibangun jalan tol akses ke IDR yang tak lama lagi akan selesai. Jalan akses ini tidak menghubungkan IDR dari satu titik tapi dari berbagai titik sehingga dari manapun masyarakat bisa langsung bisa menuju IDR, tanpa hambatan.

Selain diproyeksikan sebagai pusat jasa keuangan, IDR juga bakal menjadi kawasan industri, dan hiburan dunia. Kabar terakhir menyebutkan Walt Disney memastikan membuka wahana hiburannya di kawasan tersebut. Ini artinya, IDR bakal menjadi cabang Disney ke tiga di Asia setelah Hongkong dan Tokyo.

So, anda bisa bayangkan...arus wisatawan bakal semakin ramai lagi ke Malaysia. Mereka tidak butuh lagi lagu Rasa Sayange atau Reog Ponorogo, sebab dengan maskot Mickey Mouse and Donald Duck sudah cukup untuk menyedot wisman ke negeri itu.

Tapi dibalik itu, ada peluang besar yang bisa dimanfaatkan oleh Indonesia. Apalagi kalau bukan suplai TKI. IDR dipastikan membutuhkan ribuan buruh kasar sektor konstruksi dan pengamanan.
Menurut teman saya itu, Pemerintah JB lebih memilih buruh asal Indonesia untuk bekerja di kontruksi karena terbukti lebih rapi dibandingkan buruh dari negara lain. Untuk tenaga pengamanan, mereka memilih buruh asal Nepal atau Bangladesh. (mungkin karena mereka tinggi besar dan hitam tentunya..)
Untuk tenaga operator, buruh asal Filipina dan Vietnam menjadi pilihan karena produktif dan dibayar murah.

So, bagi anda yang punya bisnis penyalur TKI ke Malaysia, segeralah manfaatkan peluang ini. Hubungi mitra-mitra anda di Malaysia. Mumpung Indonesia masih kesulitan menyediakan lapangan kerja di tengah membludaknya pengangguran di negeri ini. Semoga, IDR banyak memberikan manfaat bagi kita..

No comments:

Post a Comment